085640205569

contact@site.com

10 Tempat Wisata Belanja Batik, Tas, dan Kuliner Murah di Jogja

Sewa Mobil di Jogja Murah kali ini akan membahas tempat-tempat menarik yang bisa kamu datangi untuk membeli baju/kain batik, tas wanita atau tas kulit, hingga kuliner khas Jogja yang enak dan murah. Ngomong-ngomong soal Yogyakarta (Jogja) yang dijuluki kota pelajar, punya banyak tempat-tempat menarik yang bisa kamu pertimbangkan untuk dijadikan sebagai destinasi wisatamu selanjutnya.

Sebut saja Candi Prambanan, Malioboro, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Petilasan Ratu Boko, Museum Ullen Sentalu, Pantai Indrayanti, Taman Pintar Yogyakarta, museum Vredeburg, Pantai Baron, Kebun Binatang Gembiraloka, Air Terjun Sri Gethuk, De Mata Trick Eye Museum, Pantai Pok Tunggal, Museum Batik, sampai tempat-tempat nongkrong yang populer macam Bong Kopitown dan Gubug Kopi.

Tapi kalau kita secara khusus ngomongin tempat belanja batik, aksesoris wanita, atau perlengkapan fashion dan kuliner, 10 tempat wisata belanja batik, tas, dan kuliner murah di Jogja ini bisa kamu jadikan sebagai referensi.

Tempat beli batik murah di Jogja

Pasar Beringharjo

 

Pasar Beringharjo Yogyakarta
Pasar Beringharjo Yogyakarta

Sejak jadi mahasiswa sampai lulus sekolah, saya mengenal Pasar Beringharjo sebagai pasar paling murah di Jogja yang menawarkan aneka rupa batik. Mulai dari kain meteran sampai batik yang sudah jadi. Di sini, kita bisa menemukan batik dengan harga Rp 25.000-Rp 30.000 per potong. Tentu sesuai dengan kualitasnya.

Seperti pasar pada umumnya, ketika berbelanja di sini, kamu juga harus pintar-pintar menawar. Setelah lelah berkeliling dan mencari-cari batik yang kamu inginkan, kamu bisa melepas lelah dan dahaga di depan jalan masuk Pasar Beringharjo.

Baca juga:

10 Tempat Belanja Murah di Jogja

Kuliner tradisional di depan Pasar Beringharjo

Seperti yang telah saya katakan di atas, setelah puas berkeliling dan cari-cari batik murah di Pasar Beringharjo, kamu bisa melepas lelah dan dahaga dengan memesan berbagai minuman tradisional yang segar di depan Pasar tradisional ini. Selain berbagai macam minuman, di sana juga dijual berbagai macam makanan ringan khas Jogja seperti bakpia, cenil, dan aneka rupa makanan tradisional Jogja lainnya.

Malioboro

 

Tempat Belanja Murah di Jogja
Tempat Belanja Murah di Jogja

Di sepanjang Jalan Malioboro, terutama di sebelah kiri kalau kita jalan dari kilometer nol (di sebelah selatan), terdapat banyak pedagang kaki lima yang menawarkan aneka rupa dagangan berbahan dasar batik, mulai dari sendal, sepatu, celana, rok, sampai baju dan macam-macam asesoris dari kayu.

Jangan khawatir soal harga, karena pedagang di sana menawarkan harga yang lumayan bersahabat. Sama seperti ketika berbelanja di Beringharjo, kamu juga perlu menawar barang-barang yang ingin kamu beli jika berbelanja di Malioboro.

Mirota Batik di Jalan Malioboro

 

Mirota Batik Jogja Malioboro
Mirota Batik Jogja Malioboro

“Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui,” Saya rasa, itulah pepatah yang tepat untuk menggambarkan suasana traveling di Malioboro. Karena di tempat ini, hampir tersedia semua yang kita butuhkan. Mulai dari hotel, oleh-oleh khas Jogja, sewa mobil atau rental kendaraan, kuliner khas Jogja; kita juga bisa berbelanja batik, dan mencari aneka rupa kebutuhan sehari-hari, termasuk aksesoris fashion dan elektronik.

Kalau kamu masih kurang puas dengan batik-batik yang dijual di sepanjang Malioboro atau di Pasar Beringharjo, jangan ragu-ragu mampir dan masuk ke Mirota Batik yang ada di seberang Pasar Beringharjo. Di sini, ada banyak baju atau pakaian (batik) yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi, yang ditawarkan dengan harga rasional.

Main-main ke sini selalu menyenangkan. Kita tidak hanya disuguhi batik-batik berharga ramah kantong, melainkan juga ada banyak barang dagangan yang menarik dan unik termasuk benda-benda antik.

Batik Ngasem

Sentra industri batik di Jogja lainnya yang terkenal selain Kampung Batik Giriloyo (yang akan kita bahas nanti) adalah Batik Ngasem. Sentra batik yang sudah ada sejak tahun 1970-an ini adalah surganya batik murah di Yogyakarta.

Kampung Batik Giriloyo

Di Kampung Batik Giriloyo kamu nggak hanya bisa berbelanja batik dengan harga murah, melainkan juga bisa belajar membatik. Di sana, jangan heran kalau kamu menemukan wisatawan lain (termasuk wisatawan mancanegara) yang asyik membatik dengan canting di tangan mereka. Kampung Batik Giriloyo direkomendasikan bagi kamu yang ingin mencari batik tulis berkualitas.

Tempat belanja tas murah di Jogja

Ada banyak tempat beli tas dan berbagai aksesoris murah di Jogja. Di antaranya adalah:

  • Malioboro. Malioboro merupakan tujuan yang tepat kalau kamu tertarik untuk membeli buah tangan atau oleh-oleh. Baik itu makanan khas Jogja seperti bakpia, hingga kaos Jogja (kaos Dagadu) dan kain batik. Tapi selain itu, Malioboro juga terkenal sebagai salah satu tempat di mana kita bisa menemukan aneka rupa aksesoris, terutama tas, sandal (alas kaki), dan perlengkapan fashion lainnya.
  • Pasar Klitikan atau pasar maling. Masyarakat Jogja dan mahasiswa-mahasiswa yang tinggal di kota pelajar ini lebih mengenal pasar ini dengan nama “Pasar Maling.” Entahlah apa yang melatarbelakangi istilah tersebut. Tapi yang jelas, di sini ada banyak pedagang-pedagang kaki lima yang menggelar lapak mereka untuk menjual berbagai macam keperluan sehari-hari, baik baru maupun bekas. Mulai dari tas wanita, helm, berbagai keperluan otomotif, aneka rupa macam elektronik, makanan, celana jeans, sampai baju batik.
  • Sakola. Namanya agak aneh ya? Tapi itulah yang membuat tempat ini sangat terkenal di kalangan masyarakat Jogja maupun mahasiswa. Alasan utama kenapa tempat ini begitu terkenal adalah karena harga barang-barang yang ditawarkan berharga sangat murah. Tidak hanya murah, tempat ini juga tergolong lengkap. Di sini, berbagai keperluan seperti tas, baju, dan lain-lain dijual dengan kisaran harga antara Rp 30.000-Rp100.000. Kalau kamu suka dengan berbagai macam aksesoris, aneka aksesoris yang ada di tempat ini ditawarkan dengan harga mulai dari 2000 perak. Nggak percaya? Datang aja sendiri.
  • Pujha Fashion Jogja. Kalau kamu emang udah kecanduan shopping dan nggak bisa ngerem kalau lihat barang-barang yang rada mengkilap dikit, kamu wajib berkunjung ke Pujha Fashion yang nggak akan bikin kantong bolong. Pujha Fashion beralamat di Jalan Ringroad Selatan (Bantul). Ada juga di Jalan Laksda Adisucipto dekat UIN Sunan Kalijaga, serta di Jalan Kaliurang Km 6.

Belanja Tas di Sakola Jogja
Belanja Tas di Sakola Jogja

Tempat makan murah di Jogja

 

  • Angkringan. Lapar di Jogja itu nggak banget. Karena di Jogja ada banyak angkringan yang menjual makanan per bungkus dengan harga Rp 700-Rp1.000. Nasi kucing adalah istilah untuk nasi bungkus tersebut. Walaupun besarnya hanya sekepalan tangan orang dewasa, tapi kalau makan 2-3 bungkus, ya… lumayan kenyang lah… Dan angkringan, tersebar hampir di seluruh penjuru kota Jogja. Hampir di setiap sudut kota bisa kita temukan dengan mudah angkringan. Bahkan di tempat sekelas Malioboro sekalipun bisa kita temukan angkringan di gang-gang sekitarnya.

 

  • Pecel Bu Ramelan. Kamu suka makanan yang merakyat tapi punya cita rasa enak, kamu perlu mampir ke Warung Pecel Bu Ramelan yang berlokasi di Jalan Laksda Adisucipto KM 6. Lokasinya dekat dengan hotel Ambarukmo. Harga yang ditawarkan murah meriah guys… Cuma 5K per porsi.

 

  • Gudeg Mbah Lindu di Jalan Sosrowijayan. Kalau kamu kebetulan menginap di penginapan atau hotel-hotel yang ada di Gang Sosrowijayan (Malioboro), kamu wajib menikmati gudeg khas Jogja yang dijual dengan harga antara Rp15.000-Rp 20.000 ini. Lauknya berupa ayam, telur, tahu, dan krecek. Yup, ini bisa jadi alternatif tempat menikmati gudeg dengan harga murah kalau kamu ragu-ragu buat beli nasi gudeg di sepanjang Jalan Malioboro

Gudeg Jogja Mbah Lindu
Gudeg Jogja Mbah Lindu

 

Baca Juga:

12 Tempat Kuliner di Jogja yang Murah dan Enak

Tips berwisata di Jogja

  1. Agar kegiatan jalan-jalan dan wisatamu di Jogja tidak makan biaya terlalu banyak, ada baiknya kamu mengikuti beberapa tips berikut ini.
  2. Pertama, kamu wajib menghindari tempat-tempat makan yang berlokasi di tempat wisata seperti Jalan Malioboro misalnya. Jangan khawatir, karena di Jogja hampir di semua sudut ada warung makan. Termasuk di gang-gang yang ada di sepanjang Jalan Malioboro.
  3. Selain itu, kalau kamu ingin mobile lebih cepat dan lebih mudah, kamu saya sarankan buat sewa mobil di Jogja. Rental mobil dengan sopir dan bbm akan sangat menguntungkan. Selain lebih nyaman, rental mobil akan membuat perjalananmu terasa lebih santai karena beristirahat atau mampir ke manapun yang kamu suka.
  4. Sewa mobil sekaligus dengan sopirnya akan menghemat waktu, karena mereka lebih tahu jalan dan bisa dimanfaatkan sebagai tempat bertanya kalau kebetulan kamu belum punya pengalaman di Jogja.
    Tempat sewa mobil di Jogja murah 2018 yang terpercaya, salah satunya adalah Adviis Car Rental (call/WA/SMS: 0856-4020-5569). Alamatnya ada di Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.218A, RT.08/RW.02, Purwomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat sewa mobil murah Yogyakarta ini dekat dari Bandara maupun Malioboro.
Please follow and like us:

admin

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Halo
Ada yang bisa kami bantu?